Service Cuci AC

Kenapa Service Cuci AC Dilakukan Secara Berkala

Sudahkah kamu mengenal service cuci ac berkala yang biasanya dilakukan bulanan secara rutin ? Baik kali ini kami akan membahas service cuci ac.

Sebagai penggunaan air conditioner AC yang digunakan setiap hari tentu kondisi akan kotor, pada dasarnya air conditioner ac terdapat mesin kompresor dan komonen lainnya, dan terdapat celah – celah yang diperlukan untuk udara bersirkulasi,

Namun demikian jika celah – celah tersumat deu kotoran maka udara tidak bisa bersirkulasi dengan optimal, yang biasanya menjaadikan unit ac menjadi kurang / tidak dingin.

Oke .. Berikutnya akan kami jelaskan semua tentang service cuci ac secara lengkap, Dari pengalaman yang kami temukan saat dilapangan melakukan service cuci ac, banyak pertanyaan – pertanyaan seputar service cuci ac,

Mengenal servis perawatan cuci AC berkala

Dan inilah waktu yang tepat kami berikan jawaban yang sering menjadi pertanyaan seputar service ac, Oke yang pertama :

1. Kapan waktu ideal melakukan cuci ac berkala ?

Service cuci ac biasanya dilakukan secara berkala yaitu 2 – 3 bulan sekali, Namun semua juga perlu diketahui lingkungan lokasi yang dimana menjadi faktor cepat lambatnya ac menjadi kotor,

Misanya, pemasangan ac dilokasi dekat jalan raya, Pada umumnya kendaraan pengguna dijalan raya pasti tidak pernah jeda, yang berarti debu kotoran berterbangan setiap hari, Tentu lokasi ini menjadi faktor unit ac cepat kotor, dibanding penggunaan ac di dalam komplek.

Untuk itu kita perlu mencatat jadwal terakhir service, kemudian perhatikan unit ac seberapa mulai kotor dan diperlukan service cuci, biasanya teknisi juga akan menganalisa jadwal yang tepat melakukan service cuci ac sesuai lokasi yang menjadi faktor cepat lambatnya ac kotor.

Pengerjaan Service cuci ac ini biasanya membutuhkan waktu 30 sd 60 menit dan menggunakan air 1 sd 2 ember cat besar, tergantung banyak tidaknya seberapa kotor, dan biasanya harga tetap sama kisaran Rp. 70.000.

Selain itu ac yang sudah diperlukan service cuci biasanya terdapat tanda – tanda permasalahan ringan, Tanda permasalahan ini juga sering dipertanyakan oleh pelanggan kami, seperti brikut ini:

2. Apa Tanda-Tanda AC Butuh Service cuci ?

Air conditioner akan bermasalah jika tidak pernah dilakukan perawatan secara berkala, Ada beberapa indikasi permasalahan yang perlu kamu ketahui, sehingga kamu akan tahu jika ac sudah diperlukan perawan cuci berkala, Berikut Tanda kerusakan AC Butuh Dicuci yang sering terjadi :

A. Hembusan Udara pada indoor berkurang

Seperti yang kami bicarakan sebelumnya, didalam sistem air conditioner memiliki celah – celah yang berfungsi menyirkulasikan udara sekitar dan fileter sebagai menyaring udara kotor,

Apabila celah – celah atau saluran udara dan filter tertutup rapat oleh debu maka udara tidak bisa terhisab oleh kipas pada indoor maupun unit outdoor,

Kamu bisa mnyaksikan sendiri dengan cara, mencotohkan saat kipas angin menyala pada sisi belakang tutup menggunakan kain, maka secar kinerjanya kipas tersebut tidak akan menghembuskan udara dengan maksimal, begitupula dengan unit ac ketika kondisi kotor berlebihan.

Maka tanda inikasi jika terjadi pada ac kamu, dan segeralah memangil teknisi untuk melakukan service cuci ac.

B. Terdengar surara berisik

Pernahkan anada mendengar sura berisik keika menyalakan ac ? suara berisik ini adalah masalahan ringan dimana kamu harus melakukan service cuci AC, meskipun ac sudah mulai bersuara berisik, kamu jangan sampai mengabaikan indikasi ini,

Mengapa suara berisik kecil ini keluar pada unit ac ? ini alasan yang perlu kamu ketahui, Didalam uint air conditioner ac terdapat rangkaian komponen – komponen,

Terutama pada bagian kipas, jikalau baling – baling kipas terdapat kotoran debu, dan pada bagian evaporator tertumpuk lendir kering, maka kipas yang berputar akan tergesek pada kotoran kotoran gesekan tersebut akan keluar suara suara aneh,

Gesekan kipas dengan kotoran evaporaor ini menjadi salah satu utama faktor penyebab ac mengeluarkan suara berisik yang terdengara dari indoor, Maka segeralah melakukan service cuci ac

Unit outdoor pada ac juga akan mengeluarkan bunyi berisik dan getaran yang keras, hal ini disebabkan karena mesin kompresor panas kekurangan sirkulasi udara, Biasanya pada saluran udara pada unit outdoor juga tertutup debu pada bagian kisi – kisi kondensor,

Sehingga kompresor mrnjadi panas, amper meningkat dan getaran kompresor menjadi keras, Misalnya bodi ac yang menggunakan bahan seng / baja akan terdengan berisik.

C. Kurang dingin

Didalam unit indoor terdapat komponen evaporator yang mengeluarkan embun dingin ketika ac menyala, dan selanjutnya embun dingin akan diserap dan dihembuskan oleh kipas kedalam ruangan,

Masalah ini faktor utama dari adanya sirkulasi udara didalam unit ac yang kurang normal seperti yang kita bahas pada bagian hembusan udara ac berkurang, dikarenakan saluran udara tersumbat kotoran seperti pada komponen filter udara dan evaporator.

Jika ac kamu sudah lama tidak dicuci dan suda tersa kurang dingin ini merupakan sebagian tanda ac butuh dicuci, dan segeralah untuk membersihkan agar ac kembali normal.

D. Bau udara ac tidak sedap

Ketika kamu menyalakan ac dan hembusan udara pada indoor tercium bau tidak sedap, ini juga bisa dijadikan tanda ac butuh dicuci.

Ac yang digunakan setiap hari tentu pada bagian evaporator akan basah embun, ketika ac sudah lama tidak dicuci, maka debu lendir dan baja didalam ac akan mengarat, dan akan terbawa udara yang dihembuskan oleh kipas. disitulah penyebab ac mengeluarkan udara bau tidak sedap,

Adakala seperti kami dilapangan, pelanggan menceritakan keluhan pada acnya yang katanya bau udara ac seperti bau bangkai, setelah kami cek didalam ac terdapat serangga mati terjebak, seperti kecoa, cicak dan serangga lainnya.

Dan selanjutnya kami jelaskan ini adalah salah satu tanda ac butuh dicuci, dan dilakukan secara rutin per 3 sd 4 bulan sekali.

E. Netes air pada unit indoor

Tanda atau indikasi pada unit ac bagian indoor netes air merupakan salah satu Tanda AC Butuh Dicuci, Berikut penyebab nya yang perlu kamu ketahui agar tidak gagal paham ketika menemui permasalahan netes air pada indoor.

Didalam unit ac terdapat talang atau saluran air, dimana embun dari evaporator akan menetes dan menampung di bagian talan selanjutnya dialirkan ke selang pembuanga (drains)

Setelah kamu membaca sedikit komponen talang saluran air, pasti kamu tau penyebab – penyebabnya,

Nah betul sekali, Ac yang telat melakukan serivice cuci, pada komponen talang dan saluran air lainnya akan tersubat debu basah atau lendir, sehingga air tidak mengalir dengan lancar kearah keluar.

Begitupula pada selang pembuangan air (drains) tersumbat, Maka air akan berhenti di talan dan meluap keluar kedalam ruangan, Selanjutnya kamu perlu meminta bantuan teknisi terdekat untuk melakukan service cuci ac,

3. Apa dampak AC yang tidak pernah dicuci ?

Ac juga akan mengalami kerusakan berat bila tidak pernah dicuci bertahun tahun, selain mengeluarkan tanda -tan kerusakan ringan seperti diatas, kamu juga harus segera matikan ac dan jangan digunakan jika sudah muncul tanda – tanda seperti berikut ini :

A. MCB listrik turun saat ac menyala

Segera matikan ac bila perlu cabut stop kontak jika menyalakan ac listrik turun atau jegleg mati, Kenapa masalah ini terjadi ?

Permasalahan ini terjadi dikarenakan biasanya kondisi nilai amper pada kompresor meningkat melampaui kapasitas listrik yang tersedia.

Misalnya, dirumah kamu menggunakan listrik 900 wat atau 3A (amper) dan memakai ac 1/2 (setengah) PK yang memiliki daya 390 wat / 1,9 A, Ketika mesin kompresor nilai amper meningkat hingga -+ (krang lebih 2,7A maka listrik dirumah kamu tidak mampu menyuplay arus dari unit ac tersebut.

Kerusakan fatal tersebut dikarenakan kerja kompresor terlalu berat atau tidak optimal, biasanya tidak ada sirkulasi udara yang setiap hari dipaksakan menyala,

B. Biaya listrik meningkat

Ini adalah fakta, dimana ac yang tidak pernah dicuci akan membutuhkan suplay listrik banyak dan kami juga sering mendengar keluhan pelanggan, seperti “Kenapa ac semakin lama penggunaan listrik semakin banyak tidak seperti saat ac masih baru”

Ya memang betul jika ac yang tidak pernah di cuci secara rutin, dapat menjadi masalahan peformanya seperti dingin yang berkurang dan penggunaan listrik meningkat.

Oke selanjutnya kami beri paham, bahwa sistem kerja unit ac dilengkapi sensor otomatis, seper pada komponen thermistor pendeteksi suhu ruangan.

Mesin kompreosor akan beristirahat ketika ruangan sudah dingin sesuai kebutuhan yang telah kita tetapkan pada st up temperatur pada remot.

Misanya, Pada siang hari kita membutuhkan suhu temperatu yang rendah 16 sd 19 derajat celcius, dan pada malam hari atau musim hujan cukup membutuhkan suhu 25 derjat, kebutuhan tersebut dan thermistor akan bekerja sesuai setingan pada remot.

Namun apabila ketika ac sudah kotor yang berlebihan, tidak bisa menghembuskan udara dingin kedalam ruangan, lantas apa yang terdeteksi thermistor ?

Tentu thermistor tidak mendeteksi suhu rendah (dingin) dan tidak akan memerintahkan kompresor berhenti dikarenakan suhu didalam ruangan tidak sesuai pada remote.

Dan secara terus menerus ac menyala tidak terasa dingin, namun penggunaan listrik terus terpakai oleh kompresor yang tidak pernah beristirahat, serta menyuplay listrik diatas standarnya (amper meningkat)

Untuk itu kamu perlu meninta bantuan teknisi terdekat untuk melakukan service cuci ac

C. Hembusan udara bau bahan kimia / freon.

Ketika kamu menyalakan ac dan tercium bau seperti kimia, froen, oli, segera matika ac dan jangan gunakan sebelum dilakukan service perbaikan.

Mengapa bau hembusan ac seperti oli atau kimia ? indikasi ini merupakan tanda ac mengalami kerusakan pada sistem pendingin yaitu bocor pada bagian evaporator.

Kenapa ini terjadi ?? Biasanya ac yang tidak pernah di cuci bertahun – tahun yang sehari – hari digunakan, terjadi korosi pada pipa evaporator yang menyebabkan oli atau freon keluar sehingga hembusan udara ac seperti bau kimia.

4. Apakah cuci ac perlu isi freon ?

Waah sangat bermacam – macam bukan pertanyaan dari pengguna ac, Ya memang benar, dalam keluhan ini terkadang kita berfikir yang tidak – tidak kepada teknisi,

Kami pun juga begitu, Kenapa pelanggan bertanya eperti itu, dan dari mana informasi yang didapat dari pelanggan seputar service cuci ac ?

oke deh berhubung saya sudah capek mengetik dan menyusun artike tentang service cuci ac ini, dan semakin lama sepertinya ini ngelatur bukan ? hingga pembicaraan ngelantur ke topik freon.

Oke deh kami akan bahas semua tentang freon pada ac, di artikel selanjutnya saja ya lur …
Sekian dan trimkasih atas meluangkan waktu untuk membaca artikel dari kami.

Sampai berjumpa ke pemahasan selanjutnya #IsiFreon .

Oh .. sepertinya ada yang kurang, sepeutar service cuci ac nih, jika ac kamu sudah keluar tanda – tanda dimana ac harus diperlukan perawatan cuci, bila kamu tidak bisa melakukan sendiri, atau belum memiliki langganan teknisi ac yang bagus,

Mungkin sangat kebutulan sekali bila kamu berdomisili di kota semarang, ada baiknya jika kamu menghubungi kami, siap membantu melakukan service cuci ac kamu dan siap datang hari ini ya lurr …

Oke trimakasih, saya pamit semoga artikel service cuci ac ini bisa menjadi pengalaman – pengalaman serta pemahaman baru.
By – Admin Cv Bangun citra teknik “Salam dingin”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *